Menampilkan ayat Alquran di Ms Word

MUNGKIN Anda mengalami kesulitan saat memasukkan ayat Alqur’an ke dalam Microsoft Word. Padahal, ayat Alqur’an tersebut misalnya sangat penting ditampilkan, baik untuk menjaga keotentikan ayat, penerjemahan, maupun bagi kepentingan dakwah atau penulisan karta ilmiah yang mewajibkan adanya ayat Alqur’an.

Langkah-langkah berikut, sangat boleh jadi akan sangat membantu. Anda tinggal melakukannya tahap demi tahap. Langkah-langkahnya adalah:

1. Pastikan Anda sudah menginstal atau memiliki program Microsoft Word, Paint dan Alqur’an Digital di komputer Anda.

2. Buka Microsoft Word, lalu Paint (Untuk program Paint, silakan klik start –> all programs –> accessories –> paint). Jangan lupa buka pula program Alqur’an Digital. Bila program yang terakhir belum Anda miliki silahkan silakan download dari sini.

3. Buka Alqur’an Digital, lalu cari ayat yang akan ditampilkan dalam microsoft word. Kemudian arahkan kursor ke tulisan ayat Alqur’an, lalu klik kanan mouse dan klik copy.

4. Setelah itu, silakan masuk ke program paint, dan klik select (icon persegi panjang dengan garis putus-putus), kemudian klik paste.

5. Pada program paint, Anda dapat merapihkannya.

6. Bila sudah rapih, klik save as, kemudian berikan nama file pada ayat tersebut. Saya sarankan Anda mengubah formatnya menjadi JPEG (merubah format dapat dilakukan pada kotak save as type yang berada dalam file name).

7. Pada Ms Word, klik insert–> picture–> pilih file ayat Alqur’an tersebut.

Keuntungan Anda menggunakan format gambar atau JPEG, tentu saja ketika file karya tulis Anda dibuka di komputer lain, tidak akan hilang teks ayatnya. Semoga bermanfaat!


Diposkan Oleh Kampus Kita Oke -- Lentera Dakwah

Enjang Muhaemin Kesediaan Anda membaca artikel Menampilkan ayat Alquran di Ms Word. merupakan kehormatan bagi saya. Anda diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebarluaskan artikel ini, dan jangan lupa meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya.

:: SILAKAN KLIK DAN BACA TULISAN LAINNYA ::

Diposting oleh Kampus Kita Oke
Lentera Dakwah Updated at: Selasa, Agustus 23, 2011